Minggu, 12 Desember 2010

STOP SMOKING!

Hmmmp hari ini minggu 12 desember gw mau ngebahas tentang bahanyanya merokok.

Dibawah merupakan penjelasan tentang baya merokok:

Beberapa Penyakit Akibat Merokok Menurut Badan POM RI

Negara Juga mengetahui bahwa rakyatnya banyak yang kena “penyakit akibat rokok“. Tetapi apa daya negara miskin ini harus membiayai pegawai negeri yang banyak. Maka pajak rokok bisa membantu. Alam yang kaya biar di korup pejabat, hutan biar di tebang pejabat. Biarlah uang haram dari pajak rokok di makan pegawai negeri.
• Penyakit jantung dan stroke.
Satu dari tiga kematian di dunia berhubungan dengan penyakit jantung dan stroke. Kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan “sudden death” ( kematian mendadak).
• Kanker paru.
Satu dari sepuluh perokok berat akan menderita penyakit kanker paru. Pada beberapa kasus dapat berakibat fatal dan menyebabkan kematian, karena sulit dideteksi secara dini. Penyebaran dapat terjadi dengan cepat ke hepar, tulang dan otak.

DAMPAK MEROKOK
Rokok adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan. Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung Dampak bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.
Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida.

Dibawah ada beberapa gambar akibat merokok:



Nah itu merupakan kilasan aja tentang merokok dan bahayanya...
Dsini gw mau crita tentang penalaman pribadi gw sendiri...
Dmana gw bermulai merokok waktu gw kelas SMA kelas 2, gw masih inget tuh sebelumnya gw benci banget yg namanya rokok< mungkin karena pergaulan yah, kalau ga merokok katanya ga gaul... hahahaha
Nahhh sejak dr situ gw mulai mencoba, awalnya sih cuma isep buang isep buang dan cuma minta ga pernah beli... Tapi gw pengen nyoba kalau diisap ke dalam paru-paru tuh gmana, tapi berawal dengan diisapnya ke paru2 tuh asep roko justru yg buat candu tuh rokok....
Sebenernya gw dari kecil udah kena paru paru basah yang sbenernya gw DILARANG KERAS UNTUK MEROKOK, tp apa boleh buat semua gw kebalakangin, namanya anak muda... :D
Begitu pun orang tua gw sendiri sampe saat ini blum tau gw merokok....
Tapi sepertinya kakak kandung gw sendiri uda mencium gelagat yg ga enak, karena dia ngerasa gw ngerokok. hahahaha dan setiap ditanya gw ga perna ngaku, tp gw tau dia juga ga bego, gw yakin dia tau gw ngerokok cuma dia nasihatin aja sebagai kakak yang baik padahal bejat... hahahaha
Tapi setelah berjalan 3 tahunan gw merokok, sepertinya ada sesuatu yg ga enak dari paru2 gw sendiri, kadang sesek kadang panas, batuk2... lengkap de pokoknya, sampai suatu ketika mamah gw sendiri suruh gw cek up kesehatan ke dokter.
Astaga apa yang harus gw perbuat waktu itu, akhirnya gw mengulur ulur waktu trus dan sampai skrg ga perna jadi, maaf mamah T_T....
Karena merasa bersalah gw akhirnya mutusin berhenti merokok, tapi seperti orang bilang berhenti merokok itu bukan hal yang sangat gmpank, melain kan amad sangat sangat sulit buaangettt....

Udah ber kali kali gw gagal untuk berhenti merokok, uda perna sampe sbulan ga ngerokok, tp ujungnya ngerokok lagi, yang bkin susah sbenernya pergaulan....
Dimana gw ngeliad ada rokok gratis dan nagggur amarah gw langsung membara untuk ngambil tuh rokok dan bakar. argggggg shit gagal lagi....

Tapi gw kali ini bener2 mau buktiin kalau gw harus bisa berenti merokok, gw mau tunjukin ke mamah gw kalau gw bisa hahahahaha...
Dan juga sahabat gw yang dlu perna gw buat ngs karena gw ngerokok depan dia....
GW PASTI BISA....
Oleh karena itu gw minta doanya semoga gw bisa berenti merokok.
SEHAT SELALU.
thx.

1 komentar:

  1. saya robby apriadin dari kerawangg ..
    saya udah termaksuk pecandu rokok ..
    setiap kali saya tiduran sering sekali saya merasakan engap atau sesak .apa lagi di timpa lari ...
    saya ingin sekali berenti merokok .tapi sayangnya susah sekali ..
    jadi saya harus gimana supaya saya berenti merokok ..

    BalasHapus